Friday, March 23, 2007

Penyakit Hernia

 Jakarta - Penyakit hernia. Banyak yang mungkin tak mengenal nya. Tapi jika saya sebut penyakit turun berok, mungkin istilah itu lebih akrab. Penyakit ini dianggap bukan penyakit serius, karena relatif mudah diatasi, dengan operasi.

Tapi akan jadi berbahaya kalau diabaikan. Inilah yang tengah dihadapi dua orang bocah. Mereka tak punya biaya untuk operasi hernia-nya.

Hernia, atau yang lebih dikenal dengan turun berok, adalah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Penderita hernia, memang kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak. Kebanyakan penderitanya akan merasakan nyeri, jika terjadi infeksi di dalamnya, misalnya, jika anak-anak penderitanya terlalu aktif.

Nasir, bocah ini, adalah salah satu penderitanya. Lihatlah, ada pembesaran pada organ kemaluannya.

Menurut Ningrum, ibunya, tak jarang nasir menjerit hebat jika sedang merasakan nyeri di tubuhnya. Ningrum mengaku, kadang ia ikut menangis jika melihat anaknya menjerit-jerit kesakitan.

Menurut Ningrum, hernia yang diderita anak semata wayangnya ini merupakan bawaan lahir. Istilah dokternya hernia-congenital. Ia melihat, kian hari seiring pertambahan usia sang anak, kondisi penyakit itu terus membesar.

Di tengah ketidakberdayaan itulah, ia akhirnya bertemu seorang bidan Rumah Sakit Tangerang, yang akhirnya memberi jalan mendaftar dalam Program Peduli Kasih Indosiar.

Nasir tidak sendirian. Ada banyak bocah lain menderita penyakit yang sama. Salah satunya bocah bernama Maulana Eko Hartanto. Bocah yang akrab dipanggil Landung ini, juga menderita hernia sejak lahir, walau terlihat membesar saat ia menginjak usia satu tahun.

Sama seperti orang tua Nasir, orang tua Landungpun dihinggapi rasa panik, apalagi kondisi ekonomi mereka tidak memungkinkan untuk melakukan operasi penyembuhan. Ayahnya hanya buruh pabrik.

Kini, melalui Program Peduli Kasih ia berharap ada jalan buat kesembuhan agar anaknya bisa bermain bersama anak-anak lain seusianya.

Penyakit hernia, memang perlu ditangani cepat, karena jika terjadi infeksi di dalam, bukan hanya rasa sakit yang dirasakan, tapi lebih dari itu, dikhawatirkan infeksi terebut menjalar dan meracuni seluruh tubuh, yang akhirnya dapat mengancam keselamatan penderitanya.

Tapi hernia bisa cepat diatasi dengan melakukan operasi. Itulah yang kini diharapkan orang tua Nasir dan Landung. (Sumber,Indosiar-online)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home